Hati Yang Bersih

Bagikan ke

Ketemu lagi sahabat Bohan!

Hati yang sehat adalah hati yang bersih. Nah, bagaimana kalo kita bahas mengenai hati? Namun dalam istilah kedokteran, hati maksudnya adalah liver bukan jantung. Sama juga dalam dunia kedokteran, bahwa hati yang sehat adalah hati yang bersih. Bersih bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah bersih dari racun yang dapat merusak hati. Bagaimana agar bisa bersih dari racun tersebut? Yuk kita bahas.

Informasi umum yang beredar diantara masyarakat adalah bahwa obat-obatan kimia dapat merusak organ hati. Hal ini menimbulkan keraguan diantara masyarakat untuk mengonsumsi obat-obatan kimia dari dokter dan membuat masyarakat ingin mencari pengobatan yang lebih alami yang dianggap lebih aman. Benarkah hal tersebut? Obat-obatan kimia yang umumnya diresepkan oleh para dokter adalah obat-obatan yang telah melewati uji klinis dan telah di evaluasi juga keamanannya untuk hati. Jika obat tersebut ada potensi untuk menyebabkan kerusakan pada hati, maka akan dituliskan peringatan pada petunjuk penggunaan obat tersebut. Pada umumnya, obat-obatan yang beredar tersebut aman untuk hati jika digunakan pada dosis yang di rekomendasikan dan sesuai penggunaannya, pada orang yang tidak memiliki gangguan hati, walaupun pengecualian karena kekhasan individu dapat tetap ada.

Beberapa substansi tertentu dapat menghasilkan zat metabolit toksik yang dapat merusak sel hati, namun substansi tersebut tidak hanya bisa terkandung dalam obat-obatan kimia tertentu tapi juga pada suplemen dan produk herbal tertentu. Penggunaan beberapa suplemen dan herbal juga dapat berpotensi menyebabkan kerusakan hati. Apalagi, terkadang detil kandungan lainnya selain kandungan utamanya tidak jelas disebutkan. Hal itu membuat sulit menilai apakah produk tersebut masih relatif aman atau tidak untuk hati.

Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan kimia harus diresepkan oleh dokter dan dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi dan dalam pengawasan dokter. Juga penting untuk tetap rasional menggunakan obat-obatan yang dijual bebas. Sebaiknya juga konsultasikan dengan dokter setiap sebelum penggunaan produk suplemen atau herbal meskipun dapat dibeli bebas.

Bersih itu sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.