5 Manfaat Sawi Putih

Bagikan ke

Sawi putih yang juga masuk ke dalam kelompok kubis yang mempunyai nama latin Brassica rapa. Tampilan dari sayuran ini adalah batang berwarna putih serta daun berwarna hijau muda atau hijau tua dengan ukuran bervariasi.
Selain rendah lemak dan rendah kalori, yaitu hanya 13 kalori per 100 gram, sawi putih kaya akan nutrisi. Sayuran ini mengandung karbohidrat, serat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting. Vitamin dan mineral yang terkandung di sawi putih adalah vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, K, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium.


Selain dijadikan sebagai hidangan, sawi putih juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Berikut adalah manfaat dari sawi putih

1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Kandungan mineral seperti kalium dikenal mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ada pula kandungan lainnya pada sawi putih seperti vitamin C, folat, serta vitamin B2 yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


2. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang
Selama ini mungkin sebagian dari Anda hanya mengetahui bahwa jenis mineral seperti kalsium saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pada sawi putih, ada pula kandungan lainnya seperti zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin K untuk memelihara struktur serta kekuatan tulang. Tidak hanya itu saja, vitamin K juga mempunyai manfaat atau khasiat untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang.


3. Menjaga kesehatan mata
Tak hanya meningkatkan sistem imunitas tubuh, sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena vitamin A dan beta karoten yang terkandung di sawi putih.


4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sawi putih mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.


5. Mencegah anemia
Anda memerlukan asupan zat besi karena merupakan senyawa penting dalam hemoglobin. Agar nutrisi tercukup, Anda juga bisa mengonsumsi sawi putih karena mempunyai kandungan zat besi. Lalu, manfaat lainnya dari sawi putih juga untuk mencegah terjadinya anemia sehingga hemoglobin dalam tubuh pun tercukupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *