Mengapa Hatiku Berdebar?

Bagikan ke

Hi Sahabat Bohan!

Tentunya pernah ya merasakan hati berdebar-debar? Ketika mau public speaking misalnya atau ketika bertemu si Dia?

Sebetulnya yang dikatakan orang awam dengan hati yang berdebar-debar maksudnya adalah organ jantung yang berdetak lebih cepat dan/atau lebih terasa kuat daripada biasanya. Dalam dunia medis disebut sebagai palpitasi. Palpitasi memang dapat merupakan respon dari emosi yang kuat. Akan tetapi, selain itu, palpitasi juga dapat merupakan gejala dari beberapa penyakit. Jika denyut jantungnya lebih cepat dari normal dinamakan takikardi. Kali ini dr. Bohan ingin membahas sedikit mengenai takikardia.

Sebagai respon dari emosi yang kuat, otak akan memberikan sinyal kepada kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon-hormon tertentu yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan kuat. Selain dari respon emosi yang kuat, takikardia juga dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi lain seperti olahraga, minum terlalu banyak kopi atau alkohol, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Akan tetapi, jika anda beberapa kali mengalami takikardia tanpa penyebab yang jelas dan/atau selain takikardia anda juga merasakan sesak nafas, pusing, dada tertekan, tangan berkeringat, keringat dingin, badan lemas, maka anda perlu curiga ada penyebab lain dari takikardianya. Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter karena gejala-gejala tersebut dapat disebabkan oleh gangguan pada jantung, tiroid atau lainnya. Jika dalam periode munculnya gejala-gejala tersebut anda juga mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis, maka dapat makin dicurigai anda ada gangguan pada kelenjar tiroid.

Nah, jadi ternyata hati yang berdebar itu bukan hanya bisa disebabkan oleh si Dia ya sahabat Bohan, tapi semoga memang karena si Dia dan bukan karena penyakit tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *