Kandungan Lemak Esensial pada Telur Omega 3

Bagikan ke

Telur merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan murah harganya. Telur banyak dikonsumsi sebagai lauk pauk. bahan campuran masakan, bahan campuran pembentuk tampilan atau telur rebus. Saat ini, telur ayam pun memiliki beragam jenis, mulai dari telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur ayam organik, atau bahkan telur omega 3. Dibandingkan telur lainnya, telur omega 3 adalah salah satu telur yang memiliki harga jauh di atas harga rata-rata telur pada umumnya. Namun, telur jenis ini memiliki khasiat yang lebih banyak.


Perbedaan telur biasa dan omega 3 terletak pada perawatan yang dilakukan kepada ayam petelurnya. Telur omega 3 dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus yang mengandung lebih banyak omega 3. Misalnya minyak alga laut atau minyak biji rami, sehingga akan memperbanyak kandungan omega 3 di dalam telur yang dihasilkan nantinya.


Omega 3 termasuk salah satu zat gizi yang sangat kita butuhkan. Omega 3 adalah jenis asam lemak esensial yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega 3 juga dapat membantu menguatkan sistem imun dan menyeimbangkan kadar lemak trigliserida dalam darah. Meski begitu, tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri dalam jumlah yang memadai sehingga harus dibantu lewat asupan makanan.


Telur omega 3 juga ternyata memiliki kandungan asam lemak jenuh terendah dari semua telur. Maka tidak heran, telur omega 3 lebih kaya manfaat dibandingkan jenis telur lainnya. Kandungan ALA dan DHA dalam telur omega 3 yang lebih banyak ini berfungsi untuk merawat kesehatan, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Omega 3 juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kardiovaskuler, meningkatkan perkembangan otak bayi, mencegah demensia, menjaga kesehatan mata, mengurangi depresi, bahkan menjauhkanmu dari kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *