Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Bagikan ke

Kemiri (Aleurites moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat.

1. Bantu menjaga kesehatan jantung
Kemiri ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, salah satu kandungan dalam kemiri, yakni mineral kalium, terkenal dengan kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium bekerja dengan memberi efek relaksasi pada dinding pembuluh darah sehingga nantinya membuat darah mengalir lebih lancar ke seluruh sel-sel tubuh Anda. Dengan begitu, kerja jantung pun menjadi lebih ringan.

2. Kemiri bisa jadi minyak rambut
Selain untuk masakan, kemiri juga dapat digunakan sebagai minyak rambut. Dengan menggunakan kemiri sebagai minyak rambut, rambut akan tampak lebih sehat, lebat, dan berwarna hitam alami. Penggunaan kemiri pada rambut pun bisa membuatnya terhindar dari kerontokan dan ketombe.

3. Manfaat kemiri untuk kulit
Dalam minyak kemiri terdapat kandungan asam linoletat sebanyak 42 persen dan asam alfa-linolenat sebanyak 29 persen, mengutip laman Live Strong. Gunakan kemiri untuk mengatasi Kedua kandungan ini berguna untuk menyembuhkan sekaligus melindungi kondisi kulit tertentu. Gunakan minyak kemiri untuk mengatasi sunburn, luka bakar, eksim, kulit pecah-pecah, dan mengurangi gatal akibat gigitan serangga.

4. Melancarkan pencernaan
Manfaat kemiri selanjutnya yakni bantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam perut. Ini bisa terjadi mengingat kemiri mengandung serat. Ditambah lagi, minyak yang terdapat pada kemiri dapat bertindak sebagai pencahar ringan. Rutin makan kemiri dapat membantu membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar dan teratur.

5. Bantu mempertahankan sistem imunitas
Seperti kebanyakan rempah-rempah, kemiri juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi Anda dari risiko terhadap berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas.
Agar sifatnya lebih netral, tubuh membutuhkan antioksidan yang salah satunya berasal dari kemiri. Antioksidan juga dapat melindungi Anda dari penyakit infeksi seperti flu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *