Peduli Lingkungan Berarti Peduli Kesehatan

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Kali ini kita akan membahas mengenai mengapa menjaga kesehatan lingkungan penting untuk kesehatan kita. Memangnya lingkungan itu bisa pengaruhi kesehatan kita ya?

Teman-teman apakah pernah dengar istilah zoonosis? Zoonosis adalah penyakit-penyakit yang ditularkan secara alami dari hewan ke manusia. Hewan bisa membawa kuman-kuman berbahaya dan menularkannya kepada manusia, menyebabkan penyakit pada manusia. Penyakit-penyakit ini ada yang bisa menyebabkan kematian pada manusia. Penyakit-penyakit ini kian meningkat dan bisa menyebabkan pandemi dalam kondisi tertentu. Jika kita terus mengeksploitasi satwa liar dan menghancurkan ekosistem maka terancam Zoonosis akan semakin meningkat ke depannya. Perubahan iklim dan mengorbankan alam liar untuk pertanian, peternakan dan infrastuktur yang semakin luas akan meningkatkan ancaman meningkatnya Zoonosis.

Apa yang bisa kita lakukan? Kita perlu ikut andil dalam menjaga lingkungan. Banyak aktivis dan pakar lingkungan yang aktif membagi ilmunya mengenai bagaimana kita bisa membantu menjaga lingkungan, diantaranya seperti membatasi penggunaan plastik, tissue, kertas. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai ini di sini tapi saya ingin teman-teman ikut sadar akan pentingnya hal ini dan saya ingin mengajak teman-teman untuk ikut belajar dari para ahlinya dan lakukan apa yang bisa dilakukan walau sekecil apapun. Berikan perhatian dan waktu anda untuk mempelajari mengenai hal ini, mempelajari apa yang bisa dilakukan. Yuk kita proaktif. Jika terjadi suatu pandemi, maka akan berimplikasi pada berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, keamanan dan kesejahteraan rakyat.  

Nah, sebagai tambahan, selain para peternak, kita juga jika memiliki hewan peliharaan, perlu menjaga dengan baik kebersihan serta kesehatan hewan peliharaan kita.

Hubungan lain lingkungan dengan kesehatan yaitu perubahan iklim juga dapat memicu terjadinya bencana alam. Menurut para ahli, aktivitas manusia menjadi pemicu dasar perubahan iklim. Beberapa penyakit bisa muncul pasca bencana alam. Bencana yang diikuti dengan pengungsian berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Nah jadi, sudah jelas ya kaitan antara lingkungan dan kesehatan manusia? Yuk kita lebih perhatian dan peduli pada kesehatan lingkungan, ikut berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Menjaga kesehatan lingkungan adalah bagian dari menjaga kesehatan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *