Jaga Kebersihan Diri

Bagikan ke

Halo halo teman-teman semua!

Tetap semangat untuk sehat kan ya? Kali ini kita akan bahas mengenai personal hygiene. Apa itu personal hygiene? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Personal hygiene adalah perilaku atau tindakan seseorang untuk memelihara kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri agar dapat terjaga kesejahteraan fisik dan psikisnya. Apa saja yang termasuk dalam menerapkan personal hygiene? Pertama, kita perlu mandi setiap hari, membersihkan badan dan wajah. Kemudian kita juga perlu menjaga kebersihan rambut dengan mencuci rambut sesuai dengan aktivitas fisik serta kondisi rambut dan jenis kulit kepala masing-masing. Jadi sebaiknya kita mengenali kondisi rambut dan jenis kulit kepala kita masing-masing. Yang tidak kalah penting adalah menyikat gigi yang disarankan minimal dua kali sehari yaitu pagi dan malam sebelum tidur. Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara umum. Contohnya, gigi berlubang yang dibiarkan hingga parah bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan infeksi dalam jaringan tubuh. Kuman yang masuk ke aliran darah bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Yang perlu juga masuk dalam rutinitas kebersihan tubuh kita adalah menggunting kuku. Kuku yang panjang lebih berpotensi untuk menjadi sarang kuman. Terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan malas untuk mencuci tangan. Kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Ketika tangan kita kotor kita harus selalu mencuci tangan, diantaranya seperti disampaikan oleh CDC (Center for Disease Control and Prevention) di Amerika, yaitu sebelum, selama dan setelah menyiapkan makanan, sebelum mulai makan, sebelum dan setelah merawat seseorang yang muntah-muntah atau diare, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah BAB atau BAK, setelah menyentuh sampah, barang/permukaan yang kotor, setelah bersin, batuk atau buang ingus, setelah memegang atau mengurusi hewan peliharaan dan semua yang terkait dengannya, dan juga setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang selesai BAK atau BAB. Jangan lupa, selain bagian tubuh kita, pakaian kita juga harus di jaga kebersihannya.

Nah jadi, itu tadi seputar personal hygiene yang penting tidak hanya untuk kesehatan diri kita tapi juga kesehatan orang lain karena akan berkontribusi dalam pencegahan penularan penyakit menular. Jadi personal hygiene ini harus menjadi kebiasaan untuk melindungi bukan hanya diri kita sendiri tapi juga orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *