Mengenal Irama Sirkadian untuk Kesehatan Tubuh

Bagikan ke

Halo semua!

Teman-teman pernah dengar mengenai istilah irama sirkadian? Apa itu irama sirkadian? Apa hubungannya dengan kesehatan kita?

Irama sirkadian atau ritme sirkadian yang dalam bahasa inggris disebut circadian rhythm adalah siklus 24 jam yang dikendalikan oleh jam biologis tubuh. Irama sirkadian berperan untuk mengatur beberapa fungsi dan proses esensial. Irama sirkadian mengatur pola tidur dan pola makan seseorang. Jam biologis kita dipengaruhi oleh lingkungan seperti cahaya dan suhu, selain oleh faktor alami yang ada di otak manusia. Genetik juga berperan dalam mekanisme jam biologis kita. Adanya variasi genetik dapat menyebabkan perbedaan jam biologis tiap individu. Irama sirkadian dapat terganggu jika jam biologis dan lingkungan tidak sinkron, seperti ketika bepergian ke wilayah dengan zona waktu yang berbeda.

Gangguan irama sirkadian jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa penelitian menghubungkan gangguan irama sirkadian jangka panjang dengan beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan tidur, obesitas, penyakit jantung, stroke, Parkinson dan Alzheimer. Ketika irama sirkadian terganggu akan menganggu proses kerja organ-organ di dalam tubuh dan juga mempengaruhi kinerja sistem kekebalan tubuh kita.

Bagaimana kita bisa menjaga irama sirkadian kita dengan baik? Menurut peneliti ritme sirkadian, yaitu dengan menjaga jadwal tidur, jadwal makan dengan teratur, terpapar cahaya matahari, olahraga rutin serta manajemen stress dengan baik. Berusahalah menjaga jadwal tidur di malam hari serta jadwal makan yang tetap per harinya, serta tidak makan atau nyemil di waktu yang seharusnya waktu untuk tidur atau menjelang tidur. Lebih lanjut mengenai irama sirkadian bisa anda pelajari dari para ahlinya. Mengetahui mengenai hal ini penting untuk anda mengatur pola hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *