Tulangku Rapuh?

Bagikan ke

Hi Sobat Bohan!

Tahukah bahwa setiap tahun pada tanggal 20 Oktober adalah hari osteoporosis dunia? Apa itu Osteoporosis? Yuk kita bahas.

Osteoporosis adalah kondisi yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rentan untuk patah. Kepadatan tulang berkurang secara perlahan dan berkelanjutan.  Osteoporosis disebut sebagai ‘silent disease’ karena umumnya baru diketahui setelah seseorang mengalami patah tulang (fraktur).

Risiko untuk terkena osteoporosis meningkat pada beberapa kondisi seperti wanita yang sudah menopause, penyandang penyakit autoimun Rheumatoid Arthritis, seseorang yang rutin mengonsumsi obat golongan kortikosteroid dalam jangka panjang. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam mengenai osteoporosis jika masuk dalam salah satu kondisi tersebut agar dapat di deteksi dan diobati sebelum terjadi fraktur.

Pengobatan osteoporosis ditujukan untuk mencegah keparahan kondisinya serta mengurangi risiko terjadinya fraktur (patah tulang).

Sobat bohan dapat mengambil langkah-langkah untuk berusaha mencegah osteoporosis seperti diantaranya dengan rutin berolahraga, menjaga kadar calcium dan vitamin D darah dalam batas normal, hindari merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *