Menjaga Internal Tubuh Stabil

Bagikan ke

Halo sobat bohan!

Pernah dengar istilah medis ‘Homeostasis’? Apa itu homeostasis? Yuk kita bahas.

Berasal dari kata Yunani Homeo (sama) dan Stasis (mempertahankan keadaan), homestasis adalah upaya otomatis tubuh untuk mempertahankan kondisi internal stabil. Dengan adanya homeostasis ini, kondisi internal stabil dapat terjaga meskipun ada perubahan di lingkungan. Homeostasis mencakup pendeteksian perubahan, dan merespon terhadap perubahan tersebut untuk mengembalikannya ke kondisi stabil. Kondisi internal stabil dibutuhkan agar komponen-komponen tubuh dapat berfungsi dengan baik.    

Hampir semua penyakit merupakan kegagalan tubuh mempertahankan homeostasis. Ketika sel-sel di tubuh malfungsi, homeostasis akan terganggu dan dapat berujung penyakit. Sel adalah satuan unit terkecil makhluk hidup yang merupakan dasar penyusun bagian-bagian tubuh. Malfungsi sel dapat disebabkan oleh toksin, infeksi atau lainnya. Malfungsi sel juga dapat disebabkan oleh kekurangan zat-zat yang dibutuhkan oleh sel, maka untuk menyokong sel agar dapat berfungsi dengan baik, asupan nutrisi kita penting untuk terpenuhi dengan baik sesuai dengan yang dibutuhkan.

Nah dari sedikit penjelasan mengenai homeostasis diatas, dapatlah dimengerti mengapa menjaga pola hidup yang lebih sehat diperlukan. Menjalankan pola hidup yang lebih sehat dapat membantu tubuh kita mempertahankan homeostasis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *