Menjaga Kebugaran

Bagikan ke

Dalam kesempatan kali ini, dokter Bohan ingin berbagi sedikit informasi nih healthy people. Tentunya sebagai orang yang ingin tetap produktif kita mendambakan agar dapat selalu menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Oleh karenanya, dokter Bohan kali ini ingin membagi informasi apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga badan tetap fit dan sehat, yaitu antara lain:

1. Olahraga teratur

                   Olahraga adalah aktivitas fisik yang terencana, terstruktur dan repetitif yang memberikan suatu hasil seperti meningkatkan physical fitness. Lima komponen dasar dari physical fitness yang berkaitan dengan kesehatan adalah kekuatan otot, ketahanan otot, fleksibilitas sendi, komposisi tubuh yang optimal serta ketahanan jantung-paru (cardiorespiratory). Untuk mencapai dan menjaga physical fitness yang optimal diperlukan olahraga teratur yang mengakomodasi kelima komponen dasar tersebut. Kemudian, dalam menyusun program olahraga yang sesuai dengan individu masing-masing perlu ditentukan formula FITT-nya masing-masing (Frequency, Intensity, Time/duration. Type) yaitu frekuensi (seberapa sering), intensitas (seberapa berat), durasi (seberapa lama) serta tipe (jenis olahraga). Penentuan FITT tersebut adalah berdasarkan target, tingkat physical fitness dan manfaat kesehatan yang diinginkan.

                   Untuk dewasa muda yang sehat, olahraga teratur yang meliputi aktivitas dengan intensitas sedang, 5 hari dalam seminggu atau aktivitas dengan intensitas tinggi cukup 3 hari dalam seminggu dikatakan sudah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan meningkatkan fitness level. Akan tetapi, mengingat bahwa setiap individu adalah unik dengan kondisi lingkungan sosial yang berbeda serta juga terdapat perbedaan dalam tingkat pengetahuan mengenai tipe olahraga maka berbagai faktor lain perlu dinilai dan dipertimbangkan sebelum menyusun program olahraga spesifik untuk masing-masing individu. Untuk itu, anda perlu berkonsultasi dengan ahli olahraga yang dapat membantu anda menyusun program olahraga yang sesuai.

2. Menjaga pola hidup

                   Beberapa pola hidup yang dapat dikendalikan, diantaranya adalah dengan tidak merokok, menghindari minuman beralkohol, mengendalikan stress, mengontrol tekanan darah, mengontrol kadar gula darah dan mempertahankan berat badan ideal.

3. Menjaga nutrisi serta asupan cairan

                   Diet yang baik adalah diet yang seimbang, teratur dan bervariasi. Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana sebaiknya menyesuaikan diet untuk menunjang kegiatan olahraga kita? Hal yang ingin dicapai adalah keseimbangan energi, maka perlu diketahui berapa kebutuhan energi (kalori) untuk mencapai keseimbangan tersebut setelah rutin berolahraga. Perlu diketahui berapa asupan kalori selama ini serta berapa kebutuhan kalori yang perlu dicapai dan diperhatikan bahwa asupan masing-masing zat gizi tidak melebihi persentase yang dibutuhkan. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menyusun diet yang sesuai. Selain kecukupan nutrisi, jangan lupa menjaga kecukupan asupan cairannya.

Referensi:

Raven, Peter B., et al. 2013. Exercise Physiology: An Integrated Approach. USA: Wadsworth.

Burke, Louise. 1992. The Complete Guide to Food for Sports Performance. NSW, Australia: Allen & Unwin Pty Ltd.

Dibuat di: canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *