Perhatikan Tekanan Darah

Bagikan ke

Sahabat Bohan sekalian, apakah sudah tahu apa itu tekanan darah? Tekanan darah adalah tekanan dari darah terhadap dinding pembuluh darah. Tekanan darah tinggi, yang dalam bahasa medis dikenal sebagai hipertensi, berbahaya karena meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung dan stroke. Maka penting bagi kita untuk berusaha mempertahankan tekanan darah dalam batas normal. Untuk mencegah hipertensi dan untuk mengontrol tekanan darah pada orang-orang yang baru terdiagnosa hipertensi ringan atau sedang, maka pendekatan awal adalah memodifikasi gaya hidup, yaitu dengan menyesuaikan diet dan olahraga.

Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dibatasi untuk mencegah hipertensi atau menurunkan tekanan darah:

  1. Garam (sodium)

Banyak orang yang sensitif terhadap garam, yang mana tekanan darahnya menjadi naik jika mengonsumsi garam berlebih. Oleh karenanya, direkomendasikan agar setiap orang baik yang hipertensi ataupun normal tekanan darahnya untuk tidak mengonsumsi garam berlebih. Direkomendasikan agar tidak mengonsumsi lebih dari 6 gram/hari atau 1 sendok teh/hari. Hal yang perlu juga diperhatikan adalah untuk membatasi makan di restoran apalagi restoran siap saji karena biasanya mereka menggunakan garam yang banyak.

  • Produk susu

Jika ingin mengonsumsi produk susu, pastikan yang rendah lemak. Rekomendasi dari DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah tidak lebih dari 2-3x konsumsi produk susu per hari dimana takaran per sekali konsumsi adalah 230 ml susu, 1 gelas yogurt atau 42,5 gram keju.

  • Gula

Berdasarkan penelitian, konsumsi tinggi gula pasir dan minuman yang ditambahkan pemanis dapat meningkatkan risiko kenaikan tekanan darah. Berdasarkan Pedoman Umum Gizi Seimbang direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi gula dalam artian gula pasir lebih dari 3-4 sendok makan/hari. Rekomendasi dari DASH adalah tidak lebih dari 5 sendok makan/minggu. Tidak lupa juga untuk membatasi minum minuman yang ditambahkan pemanis seperti minuman bersoda, sebaiknya tidak lebih dari 350 ml/hari.

Referensi:

Williams, Melvin H. 2007. Nutrition for Health, Fitness & Sport 8th ed. New York, USA: McGraw-Hill.

DiNicolantonio JJ, Lucan SC The wrong white crystals: not salt but sugar as aetiological in hypertension and cardiometabolic disease Open Heart 2014;1:e000167. doi: 10.1136/openhrt-2014-000167

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *