Sayangi Jantung

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan! Penyakit jantung yang umumnya paling ditakuti adalah penyakit jantung koroner karena dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung ditakuti karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Gejala umum dari serangan jantung adalah rasa nyeri hebat, tertekan, teremas di dada yang menjalar ke lengan kiri atau leher. Tidak jarang orang yang terkena serangan jantung sebelumnya tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki risiko besar untuk terkena serangan jantung, terutama orang yang masih berusia muda.

Serangan jantung terjadi karena adanya penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah jantung yang mengakibatkan kerusakan pada otot jantung karena terhentinya suplai oksigen dan nutrisi kepada otot tersebut. Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Tidak jarang seseorang tidak menyadari dirinya memiliki salah satu atau beberapa faktor risiko tersebut karena gejalanya diabaikan atau gejalanya samar.

 Untuk dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, maka kita perlu mengetahui dan mengurangi/mengendalikan faktor-faktor risikonya. Faktor-faktor risikonya diantaranya:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kadar kolesterol darah yang abnormal
  • Merokok
  • Diabetes
  • Kurang aktivitas fisik
  • Hiperkoagulasi darah (darah kental)
  • Kadar homosistein darah yang tinggi
  • Dan lainnya

Bagi yang masih berusia muda, tetap perlu untuk memeriksakan diri untuk menilai besar risiko dapat terkena serangan jantung karena faktor-faktor risiko diatas juga dapat terjadi pada yang berusia muda, terutama jika di keluarga ada yang memiliki riwayat terkena serangan jantung. Deteksi dini dan pemeriksaan berkala adalah langkah awal yang baik untuk meminimalisir risiko terkena serangan jantung. Setelah itu sahabat bohan dapat mengatur pola makan dan olahraga yang sesuai.

Referensi:

Murray, Michael T. 2007. Heart Disease and High Blood Pressure. New Delhi, India: Orient Paperbacks.

Soeharto, Iman. 2004. Serangan Jantung dan Stroke. Jakarta, Indonesia: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *