Hindari Penyakit Asam Urat Sejak Dini

Bagikan ke

Halo Healthy People! Kali ini Dr. Bohan ingin berbagi sedikit informasi mengenai penyakit asam urat nih guys. Buat kalian yang mengaku masih muda, jangan terkecoh dulu dengan masa muda kalian, karena masa muda kalian mempengaruhi masa tua kalian nanti loh, so take good care of yourselves from now!

Pada penyakit asam urat atau yang istilah medisnya adalah Gout, umumnya terjadi serangan peradangan berulang pada sendi. Peradangan tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi. Sendi yang paling sering terkena serangan Gout adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki serta jari kaki. Gout adalah salah satu konsekuensi yang dapat terjadi jika kadar asam urat tinggi di dalam darah (hiperurisemia). Jika didapatkan kadar asam urat seseorang tinggi di dalam darah, maka tidak kemudian dikatakan orang tersebut terkena Gout. Jika orang tersebut telah terkena serangan peradangan akibat kadar asam urat yang tinggi tersebut maka barulah dikatakan orang tersebut terkena Gout.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah terjadi jika ada ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan urat. Jika terjadi produksi urat berlebih karena genetik, diet tinggi purin atau penyebab lainnya atau berkurangnya pembuangan urat karena adanya penyakit ginjal, genetik atau penyebab lainnya, atau gabungan keduanya, maka kadar asam urat di dalam darah dapat meningkat diatas normal. Ada beberapa faktor yang dapat mempercepat terjadinya serangan Gout pada orang yang kadar asam uratnya tinggi di dalam darah, yaitu:

  • Konsumsi alkohol atau tidak menjaga diet dengan baik
  • Trauma pada sendi
  • Infeksi
  • Tidak rutin minum obat
  • Stres

Deteksi dini adalah langkah awal yang baik dalam mencegah terkena penyakit asam urat. Karena hiperurisemia dapat tidak bergejala, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan untuk kadar asam urat darah. Jika didapatkan tinggi, maka anda sebaiknya berusaha untuk menurunkan kadar asam uratnya dan menghindari/mengendalikan faktor-faktor yang dapat mempercepat terjadinya serangan Gout. Berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mendapatkan penanganan medis yang sesuai.

Be young and healthy!

Referensi:

Emmerson, B.T. 1983. Hyperuricaemia and Gout in Clinical Practice. NSW, Australia: ADIS Health Science Press.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *