Lelah Berkelanjutan (Fatigue)

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Selama pandemi semakin banyak orang yang mengeluhkan mengalami rasa lelah yang berkelanjutan. Gejala lelah yang berkelanjutan ini banyak dikeluhkan oleh orang-orang yang telah terdiagnosa dengan COVID19. Setelah sembuh dari COVID19, gejala lelahnya tersebut terus berlanjut hingga mengganggu aktifitas dan rutinitasnya sehari-hari. Lelahnya muncul walaupun tidak habis berolahraga atau aktifitas berat. Setelah beristirahat atau tidurpun tidak membaik. Gejala ini di kenal di dunia medis dengan istilah Fatigue.

Fatigue dapat menjadi gejala dari berbagai kondisi kesehatan, bahkan bisa merupakan gejala dari suatu penyakit serius seperti beberapa penyakit autoimun. Jika gejala ini berkelanjutan hingga 6 bulan dan tidak ditemukan suatu penyakit penyebabnya, dapat merupakan Chronic Fatigue Syndrome. Chronic Fatigue Syndrome dapat di picu oleh infeksi virus atau ketidakseimbangan hormonal.

Olahraga atau aktifitas yang berat dapat memperburuk kondisi fatigue, namun olahraga ringan yang masih dapat ditoleransi oleh penderitanya diperlukan untuk mencegah deconditioning (penurunan fungsi setelah periode tidak aktif, kurangnya mobilisasi). Olahraga dimulai dari yang ringan yang kemudian secara bertahap dapat dinaikkan sesuai kondisinya. Pemenuhan nutrisi yang seimbang juga diperlukan.

Gambar dan template dari Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *