Haid Sangat Nyeri?

Bagikan ke

Hi Sahabat Bohan!

Kali ini dokter bohan mau menyapa para wanita. Mungkin banyak yang merasakan nyeri haid, namun apakah ada yang merasakan sangat nyeri bahkan hingga pingsan?

Bagi sahabat yang merasakan nyeri yang sangat hebat ketika haid jangan dianggap lumrah. Sebaiknya diperiksakan ke dokter Obgyn (obstetri dan ginekologi), yaitu dokter spesialis yang menangani masalah pada bagian reproduksi wanita, karena bisa mungkin ada suatu penyakit.

Nyeri yang hebat ketika haid dapat merupakan gejala dari penyakit endometriosis. Endometriosis adalah pertumbuhan jaringan rahim di luar rahim. Ada gejala-gejala endometriosis lain selain nyeri hebat ketika haid, bahkan ada juga yang tidak mengalami gejala nyeri ketika haid. Gejala lainnya dapat berupa diare atau konstipasi ketika haid, sakit ketika buang air kecil atau buang air besar ketika haid. Bahkan nyeri di bagian bawah perutnya dapat juga terasa ketika tidak haid yang umumnya akan lebih sakit ketika haid. Selain itu ada juga yang mengeluhkan sakit kepala atau fatigue ketika haid/menstruasi.

Pola makan yang seimbang perlu diperhatikan oleh penyandang. Saat ini menurut penelitian, bagi penyandang endometriosis sebaiknya membatasi asupan alkohol, daging merah dan trans fat.

Template dan gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.