Penyakit Graves

Bagikan ke

Halo Sahabat Bohan!

Jantung berdebar-debar, penurunan berat badan padahal porsi makan tidak berubah, tangan gemetar, sulit tidur. Inilah beberapa gejala dari penyakit Graves. Apa itu penyakit Graves?

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh penyandangnya menyerang kelenjar tiroid yang memicu hormon tiroid diproduksi berlebih. Penyandang juga dapat menyadari bahwa ada benjolan di lehernya yang merupakan pembesaran dari kelenjar tiroidnya. Jika tidak ditangani dapat timbul gangguan serius pada jantung, otot, mata atau kulit. Pada beberapa penyandang dapat terjadi gangguan khas pada mata yang disebut sebagai Graves’ opthalmopathy (umumnya mata menonjol) dan pada kulit, walau jarang, yang disebut Graves’ dermopathy.

Penyakit ini dapat dikendalikan dengan beberapa pilihan terapi tergantung dari kondisi masing-masing penyandang sesuai dengan evaluasi dari dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrinologi yang menangani pasien-pasien dengan penyakit Graves. Penyakit ini sulit dicegah namun dapat diturunkan risikonya dengan pola hidup yang lebih sehat, begitu juga pola hidup sehat dapat sebagai bagian dari sokongan tambahan untuk membantu mengendalikan penyakit ini.

Gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.