Penyakit Sjogren’s Syndrome

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Mata kering dan mulut kering? Gejala-gejala ini sudah dirasakan sebulan atau lebih? Mungkin anda mengidap penyakit autoimun Sjogren’s Syndrome. Bulan April adalah bulan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit autoimun Sjogren’s Syndrome. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih lanjut.

Penyakit Sjogren’s Syndrome adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh penyandangnya utamanya menyerang kelenjar-kelenjar penghasil cairan tubuh seperti kelenjar air mata sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Kulit juga dapat menjadi kering. Selain gejala mata kering, mulut kering dan kulit kering, penyandang juga dapat merasakan gejala-gejala lain seperti fatigue dan sakit-sakit sendi. Penyakit ini adalah penyakit sistemik yang artinya dapat menyerang berbagai jaringan dan organ di tubuh lainnya juga.

Penyakit ini belum dapat disembuhkan namun dapat dikendalikan hingga mencapai remisi, yaitu dimana penyakitnya tidak lagi aktif menyerang. Penyakit ini di tangani oleh dokter spesialis penyakit dalam konsultan rheumatologi atau konsultan alergi imunologi. Namun selain itu, penyandang umumnya membutuhkan pantauan dan penanganan juga dari dokter spesialis mata dan dokter gigi. Jika ada keterlibatan jaringan atau organ lain maka pasien dapat di rujuk untuk juga mendapatkan penanganan dari dokter spesialis terkait. Selain rutin kontrol berobat ke dokter, penyandang juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat untuk membantu mengendalikan penyakitnya.

Template & gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.