Hepatitis

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Sepertinya sudah tidak asing ya dengan istilah penyakit kuning? kondisi “kuning”nya tersebut dapat disebabkan oleh beberapa penyakit. Salah satu penyakitnya adalah Hepatitis. Apakah itu Hepatitis?

Hepatitis adalah radang pada organ hati/liver. Peradangan yang terjadi umumnya disebabkan oleh infeksi, namun dapat juga disebabkan penyebab lain seperti autoimun yang disebut hepatitis autoimun atau autoimun hepatitis. Yang umum adalah hepatitis karena virus yang kebanyakan adalah hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Berbeda dengan hepatitis A yang ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi, hepatitis B dan C ditularkan melalui darah.

Hepatitis dapat akut atau kronik. Akut artinya gejalanya muncul mendadak dan cepat, berlangsung dalam periode singkat serta dapat langsung berat. Gejalanya dapat berupa demam, fatigue, nafsu makan menurun, mual, muntah, nyeri perut, urin berwarna gelap seperti teh, bab berwarna pucat, dan bagian putih mata serta kulit jadi berwarna kuning. Jika kronik, penyandang dapat tidak merasakan gejala apapun pada awalnya. Jika muncul gejala-gejala seperti diatas, segeralah periksakan diri ke dokter.

Template dan Gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.