Virus dan Autoimun

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Sebelum artikel ini dokter bohan sudah pernah membahas mengenai penyakit autoimun dan juga lebih dalam mengenai beberapa jenis penyakit autoimun. Nah seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab pasti kebanyakan penyakit autoimun sampai saat ini belum diketahui, namun diyakini merupakan interaksi kompleks antara genetik dan faktor-faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang banyak di bahas sebagai pemicu beberapa penyakit autoimun pada orang yang rentan secara genetik adalah virus.

Tidak semua virus didapatkan dapat memicu autoimun namun beberapa penelitian mendapatkan beberapa virus yang terkait dengan beberapa jenis penyakit autoimun. Akan tetapi, mekanisme pastinya bagaimana bisa sebagai pemicu masih belum jelas saat ini dan masih terus dipelajari, beberapa hipotesa mekanisme telah disampaikan. Salah satu contoh virusnya adalah Epstein Barr Virus (EBV). Saat ini, muncul juga istilah Post-Covid19 Autoimmunity dimana dimungkinkan bahwa Virus Covid19 (SARS-CoV-2) dapat memicu beberapa jenis penyakit Autoimun.

Nah jadi, sobat sekalian jangan lupa ya untuk terus giat menjalankan pola hidup bersih sehat (PHBS). Dan di saat masih dalam pandemi seperti saat ini, jangan lupa untuk tidak kendor dalam menjalankan prokesnya!

Template dan Gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.