GERD

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Belakangan ini mungkin sobat sekalian pernah dengar mengenai kondisi medis yang dinamakan GERD. Mungkin pernah baca atau ada kenalan atau keluarga yang mengatakan sedang mengalami GERD atau barangkali sobat sendiri yang mengalaminya. Apa itu GERD?

GERD adalah singkatan dari gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu suatu penyakit pencernaan dimana cairan asam lambung kembali masuk ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi hingga jaringan parut di kerongkongan. Kerongkongan adalah tabung yang menghubungkan mulut dan lambung. Yang akan dirasakan diantaranya sensasi dada terbakar/panas (heartburn), adanya rasa regurgitasi (naik kembali) makanan atau rasa asam, batuk-batuk kronik.

Seminggu sekali atau dua kali seminggu mengalami GERD ini masih wajar. Namun jika sudah lebih maka sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi. Beberapa orang dapat membaik kondisinya dengan perubahan lifestyle, namun beberapa ada yang membutuhkan penanganan lebih. GERD yang tidak ditangani dengan baik dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

Template & Gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.