Sindrom Metabolik

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Pernahkah sobat mendengar istilah sindrom metabolik? Sindrom metabolik merupakan kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, serta diabetes melitus tipe 2. Sindrom metabolik adalah suatu kelompok gangguan kesehatan yang meliputi setidaknya 3 dari kondisi-kondisi berikut ini, yaitu kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi), lemak berlebih di perut, serta dislipidemia.

Gaya hidup tidak sehat yang meliputi merokok, kurang bergerak dan tidak berolahraga rutin, berlebih dalam mengonsumsi makanan berlemak, manis serta garam, meningkatkan risiko untuk mengalami sindrom metabolik. Risiko juga meningkat pada orang-orang yang di keluarganya ada yang mengidap sindrom metabolik.

Gaya hidup yang lebih sehat penting sebagai usaha pencegahan sindrom metabolik ini. Batasi asupan gula, garam, lemak jenuh, serta minuman beralkohol, perbanyak makanan berserat tinggi seperti sayur-sayuran, tidak merokok, berolahraga rutin, manajemen stress dengan baik, serta tidur cukup dengan kualitas baik.

Template & Gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.