Stroke

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Sepertinya semua sobat sudah pernah dengar istilah medis “Stroke” ya? Tapi apakah sobat sekalian sudah paham apa itu stroke serta bagaimana tanda dan gejalanya?

Stroke adalah suatu kondisi kegawatdaruratan medis akibat terganggunya suplai darah ke suatu bagian di otak. Stroke membutuhkan penanganan segera agar kerusakan yang diakibatkan dapat diminimalisir. Kebanyakan kasus stroke adalah stroke iskemik, dimana terjadi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah. Jenis lainnya adalah stroke hemoragik, dimana terjadi perdarahan karena pecahnya pembuluh darah di otak.

Stroke tidak hanya dapat dialami oleh lansia, namun juga bisa dialami oleh dewasa muda dan anak-anak. Tanda dan gejala stroke diantaranya adalah mulut mencong, lidah miring, kesulitan bicara atau bicara meracau, kesulitan memahami perkataan orang lain, sakit kepala hebat, pusing berputar (vertigo), mual, muntah, kelemahan satu sisi (lengan dan tungkai kanan atau kiri), penurunan kesadaran, keseimbangan terganggu, kesulitan menelan sehingga tersedak.

Usaha pencegahan stroke meliputi diantaranya menjaga pola hidup yang sehat yaitu menjaga pola makannya, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, tidur yang cukup dan berkualitas baik, manajemen stress, menghindari merokok dan minuman beralkohol. Rutin berobat ke dokter untuk mengendalikan penyakit atau kondisi kesehatan kronik yang dapat menyebabkan stroke, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, beberapa penyakit autoimun seperti antiphospholipid syndrome, sleep apnea.

Template dan gambar: canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.