Demensia

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Kali ini dokter Bohan akan bahas mengenai kondisi medis yang dinamakan Demensia. Sama halnya seperti Stroke, Demensia juga dapat dialami oleh orang dewasa muda, tidak hanya oleh lansia saja. Jadi apa itu Demensia?

Demensia adalah sekumpulan gejala yang memengaruhi memori, kemampuan berpikir serta sosial yang cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Demensia bukan suatu penyakit khusus namun dapat disebabkan oleh beberapa penyakit. Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang paling umum dan paling dikenal sebagai penyebab Demensia yang progresif. Penyebab lain Demensia diantaranya gangguan aliran darah pada otak (Demensia Vaskuler), konsumsi berlebih alkohol dalam kurun waktu lama, dan lainnya.

Gejala-gejala Demensia diantaranya adalah gangguan memori, kesulitan dengan kata-kata, kebingungan dengan arah jalan, kesulitan mencerna apa yang disampaikan orang lain, kesulitan menyelesaikan tugas sehari-hari, kesulitan dalam merencanakan sesuatu, perubahan perilaku, kehilangan minat, dan lainnya.

Ada faktor-faktor risiko yang tidak dapat diubah seperti usia, terutama jika diatas 65 tahun, risiko terkena demensia meningkat, begitu juga jika ada keluarga dengan riwayat Demensia. Tapi Demensia bukan bagian dari proses normal penuaan. Ada beberapa faktor risiko yang dapat dikontrol seperti rutin berolahraga, menghindari alkohol, mengontrol tekanan darah, gula darah serta kadar kolesterol darah, menjaga berat badan, pola makan gizi seimbang dan variatif, menghindari merokok, tidur yang cukup dan berkualitas baik.

Template dan gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.