Penyakit Addison

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Kali ini kita akan bahas mengenai salah satu jenis penyakit autoimun yang langka, yaitu Penyakit Addison. Meskipun langka, namun ada seorang tokoh terkenal yang mengidap penyakit serius ini, yaitu John F. Kennedy, presiden Amerika Serikat yang ke-35. Beliau beberapa kali pingsan pada acara besar namun fakta mengenai penyakitnya ketika itu masih di tutupi. Apa itu Penyakit Addison?

Penyakit Addison adalah penyakit dimana kelenjar adrenal (kelenjar kecil yang terletak di atas ginjal) tidak lagi dapat cukup memroduksi hormon-hormon yang harusnya dihasilkannya, salah satunya hormon kortisol. Penyebab terbanyak Penyakit Addison adalah autoimun dimana sistem kekebalan tubuhnya menyerang dan merusak kelenjar adrenal. Penyebab terbanyak kedua adalah karena infeksi TBC yang merusak kelenjar adrenal.

Gejala-gejala Penyakit Addison diantaranya lemas, pusing-pusing, kelemahan otot, mual, tidak kuat berdiri lama, hiperpigmentasi (kulit menggelap). Penyandang rentan untuk mengalami tekanan darah rendah dan juga gula darah rendah. Dapat terjadi kondisi kegawatdaruratan medis yang membahayakan nyawa pada orang dengan penyakit ini yang dinamakan Krisis Adrenal, dimana penyandang akan mengalami diantaranya lemas ekstrim, mual, muntah, hingga pingsan (kehilangan kesadaran). Hormon kortisol memiliki peranan sangat penting untuk tubuh untuk menanggapi stress baik fisik maupun psikis. Perkembangan penyakitnya dapat lambat hingga gejalanya dapat tidak begitu disadari atau tidak begitu dipedulikan hingga terjadi suatu kondisi stress yang memicu krisis adrenal.

Template dan gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.