Perlukah Puasa Rutin?

Bagikan ke

Halo Sahabat Bohan!

Sejak pandemi, banyak orang mulai lebih memperhatikan kesehatan. Semakin banyak orang menyadari bahwa sistem imun yang baik dibutuhkan dan dipengaruhi oleh pola hidup kita diantaranya pola makan yang baik dan cukup memenuhi kebutuhan gizi, olahraga yang rutin serta kualitas dan kuantitas tidur yang baik.  

Salah satu komorbid yang menjadi sorotan selama pandemi adalah obesitas. Hal ini membuat beberapa orang tertarik untuk mulai menjalankan puasa rutin. Salah satu yang populer dibahas contohnya adalah intermitten fasting. Puasa yang dijalankan dengan sesuai dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya menurunkan berat badan, meningkatkan resistensi insulin, mengurangi peradangan, melambatkan penuaan, dan lainnya.

Kondisi tiap orang berbeda, maka pola puasa rutin yang dapat cocok bisa berbeda. Bagi orang-orang yang mengidap penyakit kronik tertentu mohon agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokternya sebelum mulai menjalankan puasa rutin. Berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi juga dianjurkan baik bagi orang sehat maupun mereka yang mengidap penyakit kronik agar selama menjalankan puasa rutinnya dapat tetap memenuhi asupan gizi yang cukup dan dijalankan dengan sesuai.

Template & gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.