Ngorok apakah tanda bahaya?

Bagikan ke

Halo Sobat Bohan!

Bagaimana kualitas tidur sobat sekalian? Mungkin tidur anda cukup dalam kuantitasnya, namun apakah sudah cukup baik kualitasnya? Apakah sobat walaupun tidur sudah merasa cukup namun dalam kesehariannya masih merasa sering ngantuk dan fatigue? Apakah sobat mendengkur (ngorok) ketika tidur? Barangkali sobat mengalami Obstructive Sleep Apnea (OSA). Apakah itu?

Obstructive sleep apnea adalah kondisi dimana ada yang menutupi sebagian atau seluruh bagian dari saluran nafas atas anda ketika anda tidur. Hal ini menyebabkan terganggunya pernafasan anda. Pernafasan anda menjadi dangkal dan bahkan dapat terhenti sesaat. Anda mungkin tidak menyadari bahwa kualitas tidur anda kurang baik. Hal ini tentu tidak akan baik untuk kesehatan anda jangka panjang. Anda dapat mengalami hipertensi hingga risiko gangguan jantung dan stroke. Beberapa orang dengan OSA mengalami gangguan memori dan sakit kepala pada pagi hari. Mendengkur (ngorok) ketika tidur bisa menjadi salah satu tanda anda mengalami OSA.

Pemeriksaan tidur (sleep test) dapat dilakukan jika dicurigai mengalami OSA. Beberapa rumah sakit menyediakan pemeriksaan ini. Pemeriksaan ke dokter spesialis THT dapat dilakukan untuk memeriksakan kondisi saluran nafas atasnya.

Template & gambar: Canva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.